Nama : Fungki Budi S.
Nim : G.231.14.0158
Makul : Interaksi Manusia dan Komputer
Dosen Pengampu : Nadia Anisa Maori, M.Kom.
PRINSIP UTAMA MENDESAIN ANTARMUKA
- User Compatibility
Yaitu seorang desainer tidak boleh membuat / merancang interface untuk dirinya sendiri, karena pada dasarnya system diciptakan untuk kebutuhan user yang lebih dari 1 orang dan berlatar belakang yang berbeda.
- Product Compatibility
Sebuah aplikasi harus sesuai dengan aslinya agar mendapatkan informasi yang detail dan akurat di bandingkan dengan manualnya.
- Task Compatibility
Interface harus bisa membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
- Work Flow Compatibility
Sebuah aplikasi seharusnya mengadopsi sistem manualnya dan di dalamnya terdapat runtutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan, agar user tidak kesulitan saat menggunakannya dan jangan menambahkan menu-menu terlalu banyak karena dapat membuat user menjadi bingung.
- Consistency
Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan oleh karena itu desainer harus memperhatikanhal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang interface.
- Familiarity
Sebisa mungkin desain interface di buat pada umumnya dari tata letak maupun modelnya agar membantu user untuk cepat beradaptasi dengan system.
- Simplicity
Kesederhanaan perlu diperhatikan dalam membangun sebuah interface karena user lebih senang dengan hal yang sederhana tetapi berbobot.
- Direct Manipulation
Sistem harus mempunyai media atau tools yang dapat merubah interface sesuai keinginan user. Supaya user tidak merasa bosan dengan tampilan yang monoton.
- Control
Sistem harus bisa mengatasi pada saat user melakukan kesalahan.
- WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya.
- Flexibility
Sistem harus menyediakan berbagai solusi pada saat menyelesaikan masalah.
- Responsiveness
Sistem harus mempunyai respon yang baik karena pada dasarnya sifat manusia tidak mau menunggu.
- Invisible Technology
Hendaknya sistem yang dibuat memiliki kelebihan yang tersembunyi. Bisa saja kelebihan itu berhubungan dengan sistem yang melingkupinya.
- Robustness
Interaksi manusia dengan komputer yang baikdapat berupa frase-frase menu atau error handling yang baik dan sopan.
- Protection
User dapat merasa nyaman dan aman ketika melakukan kesalahan.
- Easy of learning& ease of use
Kemudahan dalam mengoprasikan perangkat lunak ,kemudahan dalam memahami icon, menu dsb. sehingga hanya dengan memandangi atau belejar beberapa jam saja user sudah bisa memahaminya.