Tugas IMK (Prinsip Utama Mendesain Antarmuka)

Nama                       : Fungki Budi S.

Nim                          : G.231.14.0158

Makul                       : Interaksi Manusia dan Komputer

Dosen Pengampu     : Nadia Anisa Maori, M.Kom.

PRINSIP UTAMA MENDESAIN ANTARMUKA

  1. User Compatibility

Yaitu seorang desainer tidak boleh membuat / merancang interface untuk dirinya sendiri, karena pada dasarnya system diciptakan untuk kebutuhan user yang lebih dari 1 orang dan berlatar belakang yang berbeda.

 

  1. Product Compatibility

Sebuah aplikasi  harus sesuai dengan aslinya agar mendapatkan informasi yang detail dan akurat di bandingkan dengan manualnya.

 

  1. Task Compatibility

Interface harus bisa membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.

 

  1. Work Flow Compatibility

Sebuah aplikasi seharusnya mengadopsi sistem manualnya dan di dalamnya terdapat runtutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan, agar user tidak kesulitan saat menggunakannya dan jangan menambahkan menu-menu terlalu banyak karena dapat membuat user menjadi bingung.

 

  1. Consistency

Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan oleh karena itu desainer harus memperhatikanhal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang interface.

 

  1. Familiarity

Sebisa mungkin desain interface di buat pada umumnya dari tata letak maupun modelnya agar membantu user untuk cepat beradaptasi dengan system.

 

  1. Simplicity

Kesederhanaan perlu diperhatikan dalam membangun sebuah interface karena user lebih senang dengan hal yang sederhana tetapi berbobot.

 

  1. Direct Manipulation

Sistem harus mempunyai media atau tools yang dapat merubah interface sesuai keinginan user. Supaya user tidak merasa bosan dengan tampilan yang monoton.

 

  1. Control

Sistem harus bisa mengatasi pada saat user melakukan kesalahan.

 

  1. WYSIWYG (What You See Is What You Get)

Apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya.

 

  1. Flexibility

Sistem harus menyediakan berbagai solusi pada saat menyelesaikan masalah.

 

  1. Responsiveness

Sistem harus mempunyai respon yang baik karena pada dasarnya sifat manusia tidak mau menunggu.

 

  1. Invisible Technology

Hendaknya sistem yang dibuat memiliki kelebihan yang tersembunyi. Bisa saja kelebihan itu berhubungan dengan sistem yang melingkupinya.

 

  1. Robustness

Interaksi manusia dengan komputer yang baikdapat berupa frase-frase menu atau error handling  yang baik dan sopan.

 

  1. Protection

User dapat merasa nyaman dan aman ketika melakukan kesalahan.

 

  1. Easy of learning& ease of use

Kemudahan dalam mengoprasikan perangkat lunak ,kemudahan dalam memahami icon, menu dsb. sehingga hanya dengan memandangi atau belejar beberapa jam saja user sudah bisa memahaminya.

 

 

Leave a comment